Untuk teman-teman yang akan berbagi Informasi mengenai Kuliah ( bagi yang belum lulus ) :) , Tugas Akhir, Pekerjaan, Karir, Cerita, shering foto waktu kuliah, sama satu gank, wisuda, piknik, Apapun itu yang bisa dibagi untuk membantu teman-teman kita yang lain, dan juga sebagai sarana untuk menjalin silaturohmi... :)

Kirim ke Email:

  1. teknikindustri04@gmail.com

  2. teknik_industri04_uii@yahoo.co

Minggu, 22 November 2009

Definisi Waralaba (Franchise)

Definisi Waralaba (Franchise)

Suatu strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengembangkan jaringan usaha.
Suatu cara untuk mengemas suatu produk atau suatu usaha dengan tujuan untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen yang lebih Iuas. (sesuai Peraturan Menteri no. 12/2006 tentang Waralaba)
Waralaba (Franchise) adalah perikatan antara Pemberi Waralaba dengan Penerima Waralaba dimana Penerima Waralaba diberikan hak untuk menjalankan usaha dengan memanfaatkan dan/atau menggunakan hak kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki Pemberi Waralaba dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh Pemberi Waralaba dengan sejumlah kewajiban menyediakan dukungan konsultasi operasional yang berkesinambungan oleh Pemberi Waralaba kepada Penerima Waralaba. (sesuai rancangan Peraturan Pemerintah tentang Waralaba)


Waralaba adalah Sistem bisnis dan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang dimiliki orang perseorangan atau badan usaha yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak
lain.
Franchising: duplicating a success business to others ·
Franchising >> whole process
Licensing >> merk & standard
Business Opportunity

Beberapa Istilah dalam Franchising
  • Franchisor = Pemberi Waralaba
  • Franchisee = Penerima Waralaba
  • Master Franchisee
  • Area (development) Franchisee
  • Franchise Fee = Biaya Pembelian Hak Franchise untuk jangka waktu tertentu
  • Royalty Fee = Kontribusi bagi hasil dari pendapatan franchisee (biasanya dari penjualan)
  • Advertising Fee = Biaya kontribusi bagi kegiatan national campaign dari franchisee yang dilakukan oleh franchisor.

Ciri & Kriteria Franchising

Kriteria sistem franchise:
  1. Standard
  2. Uniqueness
  3. Transparant/ Tranferability
  4. Proven
Ciri utama sistem franchise:
  1. Kesempatan mandiri
  2. Dukungan pemasaran
  3. Kesempatan menggunakan nama & jaringan
  4. Dilandasi perjanjian
Kriteria dalam Peraturan:
  1. Standarisasi atas pelayanan dan barang dan atau jasa yang ditawarkan
  2. Mempunyai ciri khas usaha
  3. Dapat diajarkan dan diaplikasikan
  4. Terbukti sudah memberikan keuntungan
  5. Mereknya telah terdaftar
  6. Memberikan dukungan yang berkesinambungan
Bentuk Franchising
  • Product Distribution Franchising
  • Conversion Franchising
  • Business Format Franchising
sumber: yukbisnis.com























Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Jangan lupa Kasih Nama ya!!!!

  ©TI'04 UII. Template by Dicas Blogger.

TOPO